Sebuah perusahaan pasti memiliki nilai-nilai atau values sendiri. Ada nih sebuah tool atau alat untuk menciptakan, mendeliver, dan menangkap values itu. Nah.. alat itu namanya Business Model.

Dalam teori dan praktisnya, business model digunakan untuk mewakili aspek-aspek inti dari sebuah bisnis termasuk tujuan, penawaran, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktek-praktek perdagangan, dan proses oprasional & kebijakan.

Saya sekarang akan mencoba membuat sebuah business model dari social network. Disini saya mengambil Facebook sebagai contoh social network-nya. Karena Facebook merupakan jejaring sosial yang paling popular di dunia.

Di bawah ini adalah business model framework dari Facebook.

Business Model Framework ini sangat berguna untuk menjalankan sebuah bisnis untuk mencapai tujuan dari bisnis itu. Pada awal membentuk sebuah perusahaan kita tak hanya harus membuat Visi, Misi tapi juga value. Karena value merupakan hal penting yang dapat menjawab “mau di bawa kemana perusahaan ini?” berdasarkan values itu lah kita lalu menciptakan action plan dan strategi untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu.