What is the most creative and innovative country?

Sebenernya ga ada sih alat pengukur yang pasti untuk ngukur negara mana yg paling kreatif dan inovatif. Kalau menurut pendapat gue sih negara yang paling kreatif dan inovatif saat ini China.

Kenapa China?

Pertama, karena China negara besar liat aja di peta, wilayahnya gede banget.. Bandingin aja deh sama negara-negara tetangganya yang kecil-kecil itu.

Trus juga karena wilahnya yg super besar itu pastinya memiliki jumlah penduduk yang banyak yang masing-masing penduduk memilki 1 otak dimana otak itu adalah sumber kreatifitas manusia.

Kedua, ngomongin soal penduduk yang banyak itu bener banget loohh.. liat aja di Indonesia contohnya, sering kita temui orang China di mana pun kita berada. Dan banyak orang-orang ras Cina berhasil di Indonesia loh contohnya:

TUNG DESEM WARINGIN – penulis buku Financial Revolution

KWIK KIAN GIE –Chinese Indonesian Economist-

Dan kalau kita perhatikan lebih jeli lagi, banyak pengusaha yang merupakan orang Cina juga. Khususnya China Daratan, bisnis sudah menjadi darah dan dagingnya, sehingga China diperantauan di seluruh dunia ataupun peranakannya, hingga ke Indonesia ini, sebagai penggerak perekonomian, yang tidak bisa dipungkiri lagi, dengan bisnisnya.

Pantes aja sering kita liat orang yang punya counter HP atau komputer di Roxy atau mangga dua kebanyakan orang China. Kalau kita ke pasar, ada juga orang China yang jualan apalah.

Penjual di sebuah toko

Ini berarti orang China itu kreatif banget apalagi kalau urusan bisnis..

China juga sekarang mendominasi tingkat ekspor di dunia. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya produk-produk yang made in China. Mulai dari peniti, jarum, baju, sampai barang elektronik dan alat berat.

Waktu gue ke Paris, gue beli sebuah tas bermerk L*ng Ch*mp. Pas gue liat, eh made in China. Oh no! jauh-jauh ke Paris beli barang eh Made in China juga. Mengapa begini? Karena sumber daya manusia yang banyak itu, jadi semakin banyak pabrik-pabrik bermunculan di China sehingga banyak brand dunia yang di assembly di China. Sumber daya manusianya juga tidak terlalu mahal sehingga biaya manufaktur menjadi relatif lebih kecil.

Ketiga, banyak lohhh teknologi yang juga diciptakan oleh negara tirai bambu ini. Hal ini jelas terlihat dari banyaknya produk teknologi kloningan yang diciptakan.

Contohnya:

iPed

iPed yang merupakan kloningan dari produk iPad.

HP Motorola Droid yang asli dan palsu buatan Cina yang mana ya?

Wuih, ini namanya B1ackberrt F006 mirip-mirip Blackberry Storm 9500. Ada Wifi dan TV nya looh!!

Gambar-gambar diatas membuktikan bahwa Cina itu inovatif karena dapat membuat benda yang sama dengan memberikan tambahan fasilitas sebagai inovasinya untuk menambah nilai plus serta harga yang sangat miring.

Eh tunggu dulu! Cina ga cuma jago ngloning teknologi doing, ada teknologi GPS, Cina jagonya! Mio salah satu brand GPS made in Cina yang berkualitas bagus.

GPS Mio

Keempat, Cina sekarang menjadi salah satu negara yang menguasai pasar dunia. Yaa.. terlihat dari tingkat ekspor yang sangat tinggi itu. Barang-barang yang di produksi di China ada yang berkualitas ‘biasa’ sampai ‘sangat baik. Biasanya barang buatan China yang ‘biasa’ itu di ekspor dan di jual dengan harga yang sangat murah. Sehingga lebih mementingkan sisi kuantitas dibanding kualitas jika dilihat dari sisi ini. Banyak juga orang yang ogah beli barang Cina karena alasan kualitasnya biasanya jelek..

eiittss jangan salah.. Cina juga memproduksi beberapa produk yg memilki kualitas bagus loh! Contohnya perusahaan Apple yang terkenal di dunia itu juga melakukan assembly di Cina.

Produk asli buatan Cina yang enggak kalah bersaing juga yaitu Nexian. Disaat Blackberry sedang naik daun sekarang ini, Cina juga mengeluarkan sebuah HP yang jauh lebih terjangkau harganya daripada Blackberry, yaitu Nexian.

 

 

Kelima, dalam bidang kesehatan ada juga namanya akupuntur. Ini metoda kesehatan asli dari Cina. Akupuntur yaitu metode kesehatan dengan cara menusuk-nusukkan jarum-jarum pada titik-titik tertentu untuk kesehatan. Cara penyembuhan tradisional ini membuktikan bahwa dari dulu orang Cina sudah kreatif dalam bidang teknologi. Metode akupuntur sekarang sangat diakui dalam bidang kedokteran. Alergi gue juga sembuh gara-gara akupuntur, hebat banget deh akupuntur (loh jadi promosi).

Keenam, kebudayaan Cina sudah terkenal sejak dahulu kala. Contoh artefak budayanya yang terkenal yaitu porselen dan keramik yang cantik itu.

Dapat dilihat disini bahwa Cina itu sangat kreatif sejak dulu kala dengan membuat keramik-keramik yang cantik. Sekarang ini Cina lebih kreatif lagi dengan mengekspor jumlah dalam besar berbagai macam porselen, keramik, gelas, piring ke berbagai negara. Mulai dari harganya yang murah banget sampai yang mahal banget ada! Tinggal pilih aja sesuai selera dan budget kita.

Peran Bangsa Cina sangat besar dalam perekonomian dunia. Karena hampir mendominasi pasar ekspor – impor dunia. Sampai-sampai bahasa madarinnya juga menjadi list bahasa di dunia yang wajib dikuasai setelah Bahasa Inggris. Aduh kalau gitu gue harus cepet-cepet les bahasa mandarin nih.

Ketujuh, makanan Cina juga ga kalah menariknya untuk di bahas. Banyak banget makanan cina yang udah ga asing lagi kita dengar seperti cap cay, kwetiau, pyung hai. Restoran cina sangat dengan mudah kita temui di berbagai belahan dunia, dan dengan owner yang pastinya orang Cina. Wow! Bukti 1 lagi nih kalau orang cina emang bener-bener kreatif dalam hal bisnis!

Waktu di Eropa, gue kurang cocok sama makanan eropa sana. Tapi untung Ristorante Cinese menyelamatkan gue! Setiap negara di Eropa ada ristorante Cinese (Bahasa Italy restauran Cina).

Secara gue sadari Cina sangat berpengaruh dalam kehidupan gue. Mulai dari baju tidur gue yang made in China, macbook gue yang ternyata juga assembled in China, gue tadi abis makan makanan China, dan sekarang gue lagi ngebahas tentang China. Hehehehe..

Ternyata di balik itu semua China telah menjadi negara yg sangat kuat dan mendominasi dunia sekarang khususnya dalam pasar dunia.

Cina menjadi negara yang terus maju dari hari ke hari. Padahal dulu Cina lumayan terbelakang, tapi gilaa sekarang dia udah jadi negara yang maju. Yaa menurut gue itu, karena sumber daya manusianya yang kreatif, berfikir untuk maju dan inovatif. Sehingga menciptakan sebuah sistem, produk, teknologi atau pelayanan yang kreatif dan inovatif.

Indonesia juga penduduknya banyak, tapi knp ga semaju China ya?

Ayo maju Indonesia! Produk-produk dalam negerimu tidak kalah menarik dengan China ataupun negara-negara lainnya!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca umum khususnya orang Indonesia untuk semakin memotivasi lebih kreatif dan inovatif lagi supaya bisa menyaingi China dan lebih sukses darinya!