apa sih open innovation and open business model itu?

Oke pertama, gue akan menjelaskan tentang apa itu open innovation.

Pada jaman sekarang ini, muncul konsep yang bernama “Open Innovation” sebenernya konsep ini disebut juga dengan praktek. Chesbrough juga menjelaskan di dalam bukunya “Open Innovation: The New Imperative for Creating and Profiting from Technology”(2003) bagaimana sebuah perusahaan berubah dari yang awalnya inovasi prosesnya tertutup menjadi terbuka.

Untuk yang lebih gampangnya, gue kasih perbedaan deh antara Closed innovation dan Open Innovation.

Closed Innovation

Open Innovation

lihat deh kalau dalam diagram Closed Innovation disana ada firm boundaries tapi kalau di open innovation konsep jadi garis putus-putus yang artinya perusahaan itu lebih terbuka dan menerima ide-ide dari luar untuk masuk ke dalam perusahaan yang kemudian menciptakan hal baru baik dalam inovasi produk maupun sistem bisnisnya.

Prinsip Closed Innovation Prinsip Open Innovation
Orang-orang pintar di dalam perusahaan bekerja untuk kita Gak semua orang pintar bekerja untuk kita. Kita juga butuh bekerja dengan orang pintar dari dalam dan luar perusahaan.
Jika kita menciptakan ide-ide terbaik dari dalam industri, maka kita akan menang Jika kita membuat penggunaan ide-ide internal dan eksternal, maka kita akan menang

Pada intinya, konsep Closed Innovation lebih dari dalam dan untuk dalam perusahaan. Kalau Open Innovation tak hanya dalam, tetapi juga dari luar perusahaan.

Ini artinya, perusahaan juga harus melihat bagaimana pandangan orang lain terhadap perusahaan kita dan lingkungannya. Lebih melibatkan pihak lain ketika mengembangkan produk baru dan teknologi untuk memberikan added value yang besar. Perusahaan juga pastinya membutuhkan kerja sama dengan supplier, universitas, dan konsumen.

Dalam hal ini, model bisnis atau business model memerankan peranan penting.

Karena Open Business merupakan konsep melakukan bisnis dengan cara yang transparan dan dengan erat mengintegrasikan dengan ekosistem, serta berkolaborasi dalam ruang publik. Yaaa kayak perusahaan yang mejadi go public sih. Jadi, perusahaan itu lebih melebarkan sayapnya untuk memperluas jaringan, mendapatkan modal lebih, dan ide-ide dari masyarakat luas.

Sekarang banyak perusahaan yang mempelajari tentang Open Business Model. Mereka lebih menyadari bahwa mereka harus merubah aktifitas inovasi mereka. Jadi mereka juga sekarang lebih terbuka pada ide-ide yang datang dari luar. Karena inovasi merupakan cara untuk membedakan sebuah bisnis. Konsep Open Innovation dan Open Business Model inilah yang mereka gunakan.

Setelah gue search di internet, banyak banget loh ternyata perusahaan yang menggunakan konsep ini.

  • Dell’s “Ideastorm” Dell menampung semua ide-ide dari siapapun dengan mensubmit ide-ide tersebut dan kemudian dirating. Etelah itu ide ide yang terbaik akan diimplementasikan.
  • Sturbucks juga bikin My Sturbucks Idea. Adalah sebuah blog dimana pelanggan dipersilakan menyumbang ide untuk Sturbucks.
share. vote. discuss. see your idea in Sturbucks Blog
  • Perusahaan Nokia juga menggelar acara Nokia Calling All Innovators Competition. Disini customer menjadi innovators, product developers, dan idea generators. Selama 3 bulan, ada lebih dari 520 applicants yang daftar dari berbagai negara. WoW!
  • P&G adalah perusahaan yang berbasis inovasi. Tapi, mereka juga melakukan P&G Open Innovation Challenge. Ini berarti mereka menyadari bahwa ide tidak terbatas dari dalam perusahaannya saja. Mereka mencari ide dengan para innovator-inovator untuk membantu dalam membuat sebuah produk maupun mengembangkan produk yang sudah ada.

Contoh-contoh yang gue berikan kebanyakan bersifat kompetisi untuk menyaring ide-ide terbaik yang keluar dari para peserta. Ini merupakan salah satu cara membuktikan bahwa open innovation dapat dilakukan dengan cara kompetisi ide kreatif.

Nah, hal ini bisa juga kita implementasikan untuk perusahaan-perusahaan dalam negeri. Supaya bisa tambah sukses dan Indonesia bertambah maju!

references: wikipedia.org, budiwiyono.com, google, etc.